Cerita Sukses UMKM Keysang, Produksi Kebab Pisang Pertama di Bulukumba.

Berawal dari keresahan seorang Ibu 2 orang anak yang tinggal di sebuah rumah kontrakan, yang ingin tetap produktif dalam menjalani kehidupannya tapi tidak meninggalkan tugas utamanya sebagai seorang Ibu. Yah itulah ibu sarlindah  A.Md, Keb. Owner dari UMKM Keysang, produk pisang yang mempunyai anekaragam rasa.

 

Perempuan yang biasa di sapa jenk Linda ini memulai usahanya di tahun 2016

“saat itu namanya Balu Balu Balla, belum Bernama Keysang. Yah kenapa Balu – Balu Balla karena saya saat itu menjual dari rumah, awalnya bukan olahan pisang” ujar jenk Linda.

 

Perjalanan karir jenk Linda dimulai Ketika ia bergabung di salah satu organisasi yaitu TDA, dimana dia banyak mendapatkan teman serta pelajaran terkait Bisnis Development yang ditekuninya sekarang. Dimulai dari pemilihan nama ( brand ) agar bisnis tersebut lebih dikenal serta dapat membedakan produk yang dihasilkan dengan competitor, Setidaknya Brand itu dapat mempresentasikan produk yang dijual.

 

Setelah 3 tahun aktif melakukan pemasaran di media FB dengan nama Balu-Balu Balla, barulah ditahun 2019 jenk Linda focus pada olahan pisang. Berbagai workshop serta pelatihan diikuti jenk Linda terkait pentingnya Brand dalam sebuah usaha. Nama Balu-Balu Balla saat itu ditafsirkan Sebagian masyarakat dan pemateri dalam workshop tersebut bahwa jenk Linda ini Menjual Rumah seperti Bisnis Properti karena dilihat dari nama Branding usahanya.

 

Tepat diakhir tahun 2021 ia memantapkan untuk mengubah nama Branding Usahanya, yang dulunya Balu – Balu Balla menjadi Keysang. Keysang sendiri terdiri dari dua kata, key artinya kunci sedangkan sang akhiran dari kata pisang. Nama key juga diambil dari nama anak ketiga dari jenk Linda.

“ semoga dengan nama Keysang, saya bisa menjadi kunci kebahagiaan buat anak-anak saya, suami, serta keluarga saya dan dengan menjual olahan pisang saya bisa bermanfaat bagi orang banyak “ ucap jenk Linda.

 

Dalam pengolahan produk Keysang menggunakan 2 jenis pisang yakni pisang manurung dan pisang raja yang disuplai dari petani – petani yang ada di Bulukumba. Keysang memiliki 4 orang staff yang bertugas dalam memproduksi berbagai olahan pisang yang dijual seperti Kebab Pisang yang menjadi produk andalan, ada juga pisang nugget, pisang ijo, pisang balanda serta pisang goreng.

 

Dalam pemasaran produk ini, konsumen dapat langsung datang ketempat produksi yang terletak di kompleks BTN 1 Bulukumba atau dapat menghubungi via IG Key_sang dan FB Keysang. adapun Omzet atau penghasilan yang didapatkan sampai saat ini, dapat dikatakan melonjak secara signifikan. itulah buah dari hasil kerja keras yang dilakukan oleh sang Owner jenk Linda.

 

Dalam penutupnya, jenk Linda memotivasi ibu – ibu diluar sana untuk terus produktif meskipun aktifitas hanya didalam rumah. Bisa dimulai dengan apa yang kita punya, jatuh bangun merintis usaha itu biasa karena merupakan proses menuju kesuksesan.

 

Video Full Youtube : Tips Sukses Bangun Usaha Dari Olahan Pisang, Keysang Cara Enak Makan Pisang

 

Leave a Reply